Pulau Bawah, Pulau Terindah di Ujung Negara -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pulau Bawah, Pulau Terindah di Ujung Negara

Sabtu, 21 Agustus 2021 | Agustus 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2022-02-12T11:59:11Z
Pulau Bawah adalah permata tersembunyi di barat Indonesia yang tak mampu dipandang sebelah mata. Situs Info CNN menuliskan Anambas sebagai salah satu kepulauan tropis terindah di Asia. Pulau ini memiliki tiga laguna. Sebuah lanskap alam yang jarang ditemukan di pulau-pulau tropis dunia.

Pulau yang berjulukan Pulau Bawah itu mempunyai luas sekitar 300 hektar. Pulau tersebut akan dibatasi kunjungannya hanya untuk 70 orang untuk setiap kali kunjungan. Pulau bawah mempunyai tiga laguna dengan air yang bening sampai 13 pantai dengan pasir putih yang lembut.

Ada banyak aktivitas menarik yang mampu dilakukan di Pulau Bawah. Pengunjung mampu menjajal olahraga air hingga trekking ke hutan melihat satwa liar di habitat aslinya. Apalagi Pulau Bawah punya 13 pantai perawan yang indah.

Selain itu, pengunjung juga mampu berkeliling ke pulau-pulau terdekat dan sebuah perkampungan para nelayan dengan aksesori biaya tertentu. Pengunjung bisa berburu foto sepuasnya. Di daratan pulau, maupun di Under water.

Lokasi Pulau Bawah

Pulau Bawah, Pulau Terindah di Ujung Negara

Pulau Bawah berada di jantung Pulau Anambas, Kepulauan Riau. Secara administratif, pulau ini Menjadi bagian dari Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau,

Pulau ini hanya mampu diakses melalui jalur bahari atau dengan menggunakan seaplane atau pesawat terbang yang bisa mendarat di maritim.

Simak juga: Wisata Pulau Tidung, Tempat Liburan Favorit di Jakarta


Rute Ke Pulau Bawah

Pulau Bawah mampu diakses lewat jalur laut. Berangkat dari Tanjungpinang di Pulau Bintan, pengunjung bisa naik kapal feri menuju ibu kota Kabupaten Kepulauan Anambas adalah Tarempa. Kota ini terletak di Pulau Siantan.

Namun sebelum berangkat, ada baiknya mengecek terlebih dahulu jadwal keberangkatan kapal. Kapal PELNI Bukit Raya contohnya, melayani rute Tanjung pinang-Tarempa namun hanya dua kali dalam sebulan. Perjalanannya mencapai 20 jam.

Namun jika menggunakan kapal biasa yang berangkat tiap hari dari Tanjungpinang, perjalanan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 10 jam. Begitu tiba di Tarempa, pengunjung harus mencarter kapal menuju Pulau Bawah dengan estimasi waktu tempuh 4-5 jam.


Tiket Pulau Bawah

Untuk masuk ke Pulau Bawah, tidak ada pungutan biaya. Pungutan baru harus dibayarkan saat akan menyewa bungalow di resort pulau ini.

Simak juga: Pesona Keindahan Alam Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu


Fasilitas Pulau Bawah

Pulau bawah mempunyai Resort yang mengusung konsep eco-resort ini mempunyai 35 bungalow yang terdiri atas Garden Suite ($1780), Beach Suite ($1980), Overwater Bungalow ($2400), dan Deluxe Beach Suite ($2280).

Setiap bungalow dirancang dengan jarak yang tidak terlalu berdekatan demi meningkatkan kenyamanan dan privacy para tamu. Bawah Island menyediakan buggy sebagai sarana transportasi dari kamar menuju lokasi-lokasi seputar resort seperti Grouper Bar dan Treetop Restaurant, Boat House, Aura Wellness Center, maupun jetty bercabang dua yang ikonis.

Bungalow tersebut mempunyai keunggulan dari posisinya masing-masing. Bila menginap di Overwater Bungalow, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan matahari terbit dan terbenam, seraya mengamati ikan-ikan yang bermain-main di bawah bungalow.

Sedangkan Beachfront Suite memperlihatkan susukan pribadi ke pasir putih dan pantai yang amat jernih. Anda mampu duduk-duduk santai dan berjemur tepat di depan bungalow.


Daya Tarik Pulau Bawah

1. Ragam Aktivitas Menarik

Ada banyak hal yang mampu pengunjung lakukan di Pulau Bawah. Mulai dari olahraga air mirip snorkeling, menyelam, berenang, maupun mengayuh bahtera canoe, bahkan mendaki bukit. Pulau Bawah mempunyai beberapa jalur trekking yang bisa pengunjung jajal.

Pengunjung juga mampu menjelajahi pulau-pulau kecil di sekitarnya, bermain tenis, bermain volley pantai, bermain pasir, membaca buku di perpustakaan, melaksanakan permainan board games, menikmati matahari terbenam dari Treetop Restaurant, sampai mengikuti kelas yoga, pilates, dan reiki.

Di malam hari, pengunjung juga mampu melakukan stargazing dan night snorkeling bersama tim dari Bawah Reserve. Bila langit sedang cerah, pengunjung dapat melihat indahnya milky way di langit luas.

Dengan banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan, pengunjung dijamin tidak akan pernah bosan selama berada di sana. Tim Bawah Reserve senantiasa siaga melayani kebutuhan pengunjung.


2. SPA Tengah Laut

Salah satu highlight dari Bawah Reserve yakni layanan spa yang sangat baik. Divisi wellness dari Bawah Reserve secara khusus mendatangkan terapis dari aneka macam wilayah di Indonesia sehabis melalui proses seleksi yang sangat ketat.

Setiap terapis dibekali pembinaan lanjutan sehingga treatment yang mereka suguhkan akan meninggalkan kesan yang mendalam bagi para tamu. Untuk menyempurnakan sensasi pengalaman spa yang tak terlupakan, dekorasi interior wellness center bertajuk Aura ini dirancang dengan elemen bambu dan kayu yang sarat akan nuansa hangat, hening, dan rileks yang begitu membuai.

Simak juga: Pulau Bidadari, Pulau Kecil Nan Eksotis Dekat Jakarta


3. Kuliner

Meskipun berada di pulau terpencil, bukan berarti pengunjung tidak dapat menikmati sajian yang enak sesuai dengan standar hotel bintang lima. Treetop Restaurant menyajikan berbagai santapan yang menggugah selera mulai dari sarapan pagi sampai makan malam.

Para koki di Treetop Restaurant akan menyambut pengunjung dengan sederet sajian harian yang bervariasi–tergantung pada persediaan bahan baku, hasil panen, serta hasil tangkapan laut di hari itu.

Bawah Reserve mempunyai perkebunan sendiri sehingga sudah bisa dipastikan bahwa sayuran yang mereka olah sangat segar. Dan bagi para pencinta sajian maritim, sajian catch of the day niscaya menjadi favorit.

Selain di Treetop Restaurant, pengunjung juga mampu menikmati santapan ringan di Grouper Bar maupun Boat House. Grouper Bar ini buka 24 jam, sehingga pengunjung tidak perlu repot berpikir harus membawa kuliner dan minuman dari luar pulau sebab Bawah Island siap menjamu sepanjang hari.


Objek Wisata Dekat Pulau Bawah

Selain pulau Bawah, Kepulauan riau juga punya pulau manis lainnya, adalah Pulau Putri. Pulau ini menyajikan pemanadangan yang indah, lengkap dengan aksesorisnya, pantai dengan pasir putih, bebantuan diantara air yang jernih dan tata pulau yang indah. katanya kolam Putri yang sunguh bagus nan rupawan.

Bagi penyuka wisata sejarah, pulau yang paling sempurna dikunjungi di kepulauan Riau yakni pulau penyengat. . Di pulau ini  terdapat beberapa peninggalan sejarah, di antaranya yakni kompleks Istana Kantor, Masjid Raya Sultan Riau, makam-makam para raja, makam hero nasional Raja Ali Haji, dan terdapat pula benteng pertahanan di Bukit Kursi.

Anda sudah siap menjelajahi keindahan pulau privat yang glamor di Kepulauan Riau ini?

JAKARTA

×
Berita Terbaru Update
close